Portfolio Desain

Portfolio Motret

Portfolio Desain

Portfolio Logo

Portfolio Motret

Article

Our Client

Komentar Terakhir

Pengertian Signage

Signage adalah istilah dalam bahasa inggris yang merujuk kepada produk produk advertising seperti Neonbox, Billboard, Signage, Papan Bicara, Papan Petunjuk. Rambu-Rambu, Phylon Sign, Huruf timbul dan sebagainya.

Sebelum anda memesan atau membuat suatu produk signage ada baiknya anda mengetahui beberapa aspek terlebih dahulu agar budget yang telah anda keluarkan efektif dan efisien

Signage yang baik ialah yang memenuhi prinsip-prinsip berikut :

  • Cukup Menarik
  • Cukup Ringan namun Kuat
  • Cukup Durable (Tahan Lama)
  • Cukup Fleksibel (mudah dikerjakan dan dibongkar pasang)
  • Bahannya mudah didapatkan

Cukup Menarik
Ini merupakan syarat utama. Buat apa membuat suatu signage kalau tidak menarik. Kemenarikan ini diperlukan agar siapapun yg lewat bisa dicuri perhatiannya sehingga tujuan dari Signage sebagai media petunjuk dan informasi bisa tercapai.

Cukup Ringan namun Kuat
Ini merupakan syarat yang cukup penting karena Signage terkadang ditempatkan di tempat-tempat keramaian di posisi yg tinggi sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan manusia apabila aspek ini diabaikan. Bahan yang kuat tidak selamanya harus berat dan besar. Bahan yang digunakan harus diperhitungkan dengan besar dan kualitas yg ideal sudah bisa tahan terhadap cuaca seperti angin kencang, hujan, dan panas matahari.

Cukup Durable (Tahan Lama)
Di kalangan pelaku advertising sudah dikenal beberapa bahan yg dikenal sangat bagus ketahanannya terhadap cuaca dan cukup tahan lama walaupun memang tidak bisa dinafikan bahwa ada harga ada kualitas alias ada beberapa jenis kualitas bahan yang tersedia di pasaran yg harganya sesuai kualitasnya. Untuk masalah bahan ini silahkan membuka artikel lain yang membahas khusus soal ini.

Cukup Fleksible (mudah dikerjakan dan dibongkar pasang)
Maksudnya adalah sebuah signage sebaiknya mudah dikerjakan proses maintenance nya kelak. Misalnya untuk penggantian lampu apabila suatu saat mau diganti. Penutupnya mudah dilepas. Rangkanya mudah dipasang dan dibongkar jika sewaktu-waktu dibutuhkan dan sebagainya. Dikarenakan signage ingin dipakai selama mungkin oleh ownernya maka fleksibilitas harus diperhatikan untuk memudahkan pihak-pihak yang akan melakukan maintenance atau perbaikan di kemudian hari.

Bahannya Mudah Didapatkan
Pelaku advertising bisa saja menggunakan bahan premium yang diimport dari luar atau minimal hanya bisa didapatkan di kota besar. Lalu bagaimana jika signage tersebut akan dipasang di daerah terpencil? maka ketika ada perbaikan atau penggantian yang diperlukan akan membutuhkan biaya lebih besar dan waktu lebih lama.

Silahkan berkomentar atau meninggalkan pesan