Portfolio Desain

Portfolio Motret

Portfolio Desain

Portfolio Logo

Portfolio Motret

Article

Our Client

Komentar Terakhir

Mengenal Neonbox

Neonbox adalah salah satu bentuk tanda pengenal tempat (Signage) yang umumnya berbentuk Kotak (Box) lalu didalamnya terdapat lampu Neon berbentuk Tube untuk menerangi Bahan Fleksi Vinyl Backlite yg berisi gambar hasil cetakan mesin Digital Printing maupun Bahan Acrylic yang ditempeli stiker khusus Neonbox.

Bentuk Neonbox
Neonbox ada yang berbentuk Segi Empat baik itu memanjang maupun kotak, ada juga berbentuk bundar dan ada juga yang berbentuk khusus mengikuti pola tertentu sesuai permintaan konsumen selama memungkinkan untuk dibuat.

Sisi/Muka Neonbox
Untuk neonbox yang menempel pada gedung atau menggunakan tiang namun gambar atau biasa juga disebut visual nya menghadap ke jalan berarti Neonbox tersebut 1 Sisi alias 1 Muka. Sementara itu untuk Neonbox yang menggunakan tiang biasanya di taruh di sisi Jalan agar mudah terlihat pengendara yang lewat dari kedua arah maka Neonboxnya dibuat 2 Sisi atau 2 Muka. Adapula Neonbox 2 Sisi yang menggantung pada Gedung tapi bukan menghadap ke depan melainkan menyamping.

Bahan Gambar / Visual Neonbox
Ada dua jenis bahan visual neonbox yang umum di Indonesia yakni :

1. Vinyl Backlite ; Ini bahan bersifat seperti lembaran plastik lentur yang agak tebal yang tahan cuaca. Warnanya Putih dan bisa dicetak gambar di atasnya. Selain itu bisa juga ditempeli sticker hasil proses cutting. Vinyl ini ditarik dengan kencang ke semua arah sehingga hasilnya terbentang dengan rata. Jika lampu telah dinyalakan maka gambar yg ada dalam vinyl ini akan terlihat terang. Ukuran lebar bahan Vinyl Backlite maksimal 3,2 Meter. Tetapi ini juga tergantung mesin cetaknya apakah mampu mencetak selebar itu karena mesin cetak digital printing memiliki lebar bermacam-macam. Apabila ukuran neonbox semua sisinya lebih besar dari 3 meter maka solusinya adalah dengan menyambung vinyl tersebut. memang akan ada batas sambungan yg kalau dilihat dalam jarak dekat sepertinya mengganggu akan tetapi seteleah terpasang dan dilihat dari jarak jauh maka sambungan tersebut tidak terlalu nampak.
Kelebihan Bahan Backlite :
– Relatif lebih murah
– Bisa dicetak/Diprint
– Cocok untuk ukuran besar
– Beban kinstruksi Neonbox lebih ringan

Kekurangan Bahan Backlite :
– Bisa sobek bila terkena benda tajam.
– Umur Gambar yang diprint berkisar tidak sampai 2 Tahun akan terlihat mulai pudar. Kecuali apabila dietak di mesin Scitex karena tinta mesin scitex lebih tahan. Bisa hingga 7 tahun. Mesin scitex juga bisa mengeprint 2 sisi backlite sehingga warnanya lebih awat. Ada juga cara lain untuk menambah keawetan backlite yankni dengan cara melapisi printan diatas vinyl backlite dengan Duco Clear.
Catatan : Umur prinan di Backlite biasanya lebih pendek dari bahan backlite itu sendiri. Maksudnya disaat vinyl backlitenya masih kuat namun gambarnya sudah pudar. Memang sungguh disayangkan karena untuk biaya penggantian backlite lumayan besar. Olehnya tanyakan semua aspek terlebih dahulu kepada Vendor yang mengerjakan. Yang jelas semakin berkualitas tentu harga bahan dan pengerjaannya pun semakin lebih.

2. Akrilik (Acrylic)
Akrilik sifatnya seperti plastik tetapi lebih kaku dan licin mengkilat. Akrilik tersedia dalam berbagai warna dan ketebalan. Ketebalannya mulai dari 2mm hingga 20mm (2 cm). Untuk Neonbox umumnya digunakan akrilik berwarna putih susu.. Untuk desain yang berupa huruf saja dan logo berbentuk siluet maka bisa digunakan bahan cutting stiker Oracal atau 3M khusus untuk neonbox yg sifatnya terang jika disinari cahaya (karena ada pula stiker yang bukan peruntukannya untuk neonbox yg justru menjadi lebih gelap jika disinari cahaya). Sementara untuk desain yang ramai dan terdapat gambar foto atau warna gradasi di dalamnya maka digunakan bahan Stiker bening yang dicetak lalu dilaminasi untuk memberikan perlindungan ekstra pada warna gambar di stiker.

Kekurangan bahan akrilik yakni :
– Harga bahan relatif lebih mahal
– Tidak bisa diprint langsung. Mesti menggunakan stiker untuk visualnya
– Bisa pecah apabila kena lemparan batu.
– Tidak bisa untuk ukuran neonbox besar karena sambungan akrilik rentan terhadap resiko patah dan sambungannya bisa terlihat setelah 3 tahunan. Selain itu beban konstruksi jadi berat sehingga menyusahkan saat mobilisasi.

Kelebihan :
– Ketahanan relatif lebih lama hanya saja stiker yg nempel lebih duluan kalah dalam artian lebih duluan pudar apabila stiker print dan lebih cepat terkelupas apabila menggunakan bahan Stiker Cutting. Untuk bahan visual stiker printing ketahanan kurang lebih 3 – 4 tahun sementara untuk bahan stiker cutting bisa mencapai 6-7 tahun.
– Ada kesan berkelas/mewah tersendiri karena bagian putih akan nampak mengkilat. berbeda dengan bahan backlite.

Bahan Rangka Neonbox
Rangka Neonbox umumnya dibuat menggunakan besi siku apabila bahan visualnya vinyl backlite dan menggunakan besi holo apabila bahan visualnya Akrilik. Untuk Plat penutup samping dan belakang (untuk neonbox 1 sisi) biasanya menggunakan plat Aluminium atau Plat Galvalum. Penutup sampingnya ini bisa dibiarkan begitu saja dan bisa pula difinishing duco cat yang sesuai warna depan atau sesuai permintaan konsumen. Yang pasti setiap penamhana pekerjaan pastinya akan berimbas pada penambahan biaya.
untuk sisi-sisi neonbox alias bagian pertemuan antara plat dengan plat atau plat dengan Vinyl maka bisa ditutupi dengan hasil tekukan langsung plat penutup samping (apabila vendor memiliki alatnya) dan apabila tidak punya cara yang paling mudah yakni memakai siku aluminium 1,2 atau 2 cm. Siku aluminium ini nantinya nampak seperti frame bagi gambar neonbox.

Penerangan Neonbox
Sebagaimana disebutkan di atas bahwa gambar pada neonbox bisa terlihat menyala alias terang karena adanya lampu yg diletakkan sedemikian rupa di belakang gambar. Tentunya lampu-lampu tersebut tidak dapat dilihat karena Nonbox tertutupi oleh bahan visualnya dan plat penutupnya. Tetapi secara umum bahan yang biasanya digunakan untuk penerangan neonbox adalah :
1. Lampu Neon TL (Non LED) ; Ini adalah lampu generasi pertama yang banyak digunakan oleh pembuat Neonbox karena saat itu lampu LED belum tersedia banyak di pasaran dan harganya masih relatif mahal. Kekurangan lampu ini tentu pada konsumsi Watt nya yg lebih besar dibandingkan dengan lampu LED namun kami merasakan lampu ini sedikit lebih terang daripada lampu LED dan putihnya lebih bersih. Ukuran lampu neon ini yakni panjang 120cm untuk yang 36 Watt dan 60cm untuk yang 18 Watt. Untuk menggunakan lampu ini harus menambahkan alat bernama Ballast atau Travo untuk setiap lampunya. Lampu jenis ini bisa digunakan untuk neonbox baik 1 sisi maupun 2 sisi dengan jumlah yg sama saja.

2. Lampu Neon TL LED ; bentuknya sama saja dengan Lampu Neon TUbe non LED yg telah dijelaskan diatas. Namun perbedaannya adalah pada konsumsi listriknya dimana lampu LED mengklaim hemat 50% hingga 80%. Soal ketahanan sama saja dengan Lampu Neon Tube biasa dengan merk yg sama (Philips) yakni 12.000 jam sesuai keterangan di kemasan. Perbedaan lainnya yakni Lampu neon tube LED ini sudah tidak perlu dipasang dengan ballast/travo alias bisa langsung dicolok ke Listrik. Harga lampu neon tube LED ini lebih mahal 30% daripada Lampu Neon TL Biasa

3. Lampu LED Modul
Dalam ranah perlampuan LED ada yang namanya Lampu LED Modul. Lampu LED modul ini bervariasi besar dan bentuknya. Ada yang 1 mata, 2 mata hingga 4 mata. Ada yang mata lampunya kecil ada yg besar. Tapi yang umum digunakan untuk Neonbox khususnya Neonbox 1 sisi adalah lampu led modul besar 3 mata. Ukurannya kira-kira panjang 6,5 cm dan ebar 1,5 cm. Antara modul dihubungkan dengan kabel berukuran panjang sekitar 8cm. Lampu LED Modul ini disusun sedemikian rupa agar menghasilkan cahaya yang merata. Biasanya untuk per meter bujur sangkar membutuhkan sekitar 70an modul lampu. Untuk Neonbox 2 Sisi katanya sekarang sudah ada lampu LED modul yang bisa diletakkan di bagian disamping namun jarak tembaknya hanya maksimal sekitar 1,5 meter sehingga tidak bisa diaplikasikan untuk neonbox berukuran lebih besar. Konsumsi lampu LED modul per modulnya bervariasi dari 1,2 watt hingga 1,5 watt. Dan untuk mengyalakan lampu jenis ini harus melalui Power Supply dengan Ampere yang memadai sesuai jumlah lampu yang ditanggungnya. Apabila langsung dicolok ke listrik maka Lampu Led akan rusak krn hangus.






Catatan


2. Akrilik Putih (Acrylic)

Macam-Macam Neonbox akan kami jelaskan di bawah ini :

Berdasarkan Sisinya :

  1. Neonbox 1 Sisi, Neonbox ini
  2. Neonbox 2 Sisi

Silahkan berkomentar atau meninggalkan pesan